Search
  • Herborist Natural Care

Jangan Asal Pakai, Ini Tips Pilih Pelembap untuk Kulit Kering


bagaimana tips pilih pelembap?
Tips Pilih Pelembap.

Tips pilih pelembap untuk kulit kering - Memiliki kulit kering merupakan permasalahan kulit yang kerap terjadi. Kondisi kulit kering bisa terjadi karena berbagai hal seperti kulit mengalami penuaan, perubahaan cuaca, sering mandi air panas, iritasi hingga adanya penyakit tertentu.


Kulit kering mudah dikenali dari gejalanya, yakni kulit terasa gatal, merah, kasar dan kulit mudah mengelupas serta tampilan yang terlihat tidak terawat. Bahkan, kulit kering bisa menimbulkan retakan yang cukup parah hingga mengeluarkan darah.


Bukan hanya di tubuh, kulit kering juga bisa terjadi di wajah. Penyebab kulit wajah menjadi kering adalah salah menggunakan produk, kulit wajah kekurangan nutrisi, atau cara menggunakan rangkaian skincare maupun makeup yang salah.


Kulit kering akan memberikan penampilan yang kurang maksimal, makeup yang akan cepat luntur dan skincare yang tidak bekerja secara maksimal.


Sehingga menggunakan pelembap sangat dianjurkan untuk jenis kulit kering. Pelembap merupakan skincare yang diandalkan dalam urusan melembapkan kulit, tapi jangan sembarang menggunakan pelembap. Ada tips pilih pelembap untuk kulit kering yang perlu kamu ketahui.


Sebelum mengetahui bagaimana tips memilih pelembap untuk kulit kering, alangkah lebih baik kamu mengetahui bagaimana mencegah kulit kering.


Jangan Cuci Muka Terlalu Sering

Memiliki kulit kering, memang harus berhati-hati dengan produk bahkan cara mengaplikasikan produk ke wajah. Pemilik kulit kering disarankan mencuci muka hanya 1-2 kali dengan air sejuk yang mengalir. Dilarang menggosok wajah terlalu keras dan pilihlah sabun cuci muka yang sesuai.


Baca juga: Selain Melembapkan, Ini Manfaat Aloe Vera Gel yang Perlu Kamu Tahu!


Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi wajah yang rutin juga bisa menjadi cara pencegahan kulit kering. Eksfoliasi merupakan perawatan yang dilakukan agar sel kulit mati mengelupas.


Eksfoliasi bisa dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan sabun yang memiliki partikel scrub halus atau menggosoknya dengan minyak zaitun.


Tanpa eksfoliasi, sel kulit mati akan menumpuk dan menyebabkan kulit menjadi kering, kusam dan kasar.


Ini cara pilih pelembap.
Tips Pilih Pelembap.

Gunakan Humidifier

Humidifier merupakan alat yang bisa membantu melembapkan udara di dalam ruangan, terlebih jika kamu lebih banyak menghabiskan waktu di ruangan ber AC. Hal ini bisa dilakukan untuk pencegahan kulit kering.


Tips Pilih Pelembap untuk Kulit Kering

Memiliki kulit kering bisa menjadi awal dari banyaknya permasalahan kulit yang akan datang di kemudian hari. Maka dari itu, menggunakan skincare atau pelembap untuk kulit kering

perlu diperhatikan. Ikuti tips pilih pelembap untuk kulit kering di bawah ini:


Tekstur Pelembap

Tips pilih pelembap untuk kulit kering dimulai dari memperhatikan tekstur pelembapnya. Tekstur pelembap untuk kulit kering yang paling disarankan adalah krim atau salep. Karena krim ataupun salep lebih kental dan padat sehingga menenangkan kulit dan rendah risiko iritasi.


Berbahan Dasar Minyak

Tips pilih pelembap untuk kulit kering adalah memilih pelembap yang berbahan dasar minyak. Kulit memiliki lapisan pelindung yang terbuat dari lapisan lemak, untuk menjaga lapisan tersebut agar tetap lembap pilihlah pelembap untuk kulit kering yang berbahan dasar minyak.


Untuk malam hari, kamu bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pelembap rutin kamu.


Mengandung Humektan

Humektan berfungsi untuk mengikat air yang terdapat di udara, yang kemudian diserap oleh lapisan kulit. Tips pilih pelembap untuk kulit kering sebaiknya mengandung humektan agar kandungan air yang berada di kulit terkunci.


Kandungan humektan yang biasa dijumpai pada pelembap untuk kulit kering adalah hyaluronic acid dan gliserin.


Baca juga: Catat, Ini Segudang Manfaat Aloe Vera untuk Wajah


Bagaimana cara pilih pelembap?
Tips Pilih Pelembap.

Mengandung Vitamin E

Tips pilih pelembap untuk kulit kering sebaiknya mengandung vitamin E yang berperan sebagai antioksidan dan juga merangsang pertumbuhan kolagen dalam kulit.


Kolagen sendiri bertujuan untuk menjaga kelenturan, elastisitas, dan hidrasi pada kulit.

Berlabel hypoallergenic

Kulit kering biasanya lebih sensitif dan rentan menyebabkan alergi. Tips pilih pelembap untuk kulit kering alangkah lebih baik memilih yang telah memiliki label hypoallergenic alias tidak rentan menyebabkan alergi. Pastikan juga pelembap untuk kulit kering yang kamu pilih tidak mengandung pewangi.


Setelah mengetahui tips pilih pelembap untuk kulit kering, kamu harus memperhatikan kandungan pelembap saat akan menggunakannya agar kerja dari pelembap bisa maksimal dan risiko munculnya permasalahan kulit bisa dicegah.

7 views0 comments

Recent Posts

See All