Search
  • Herborist Natural Care

Jangan Sembarangan, Ini 4 Tips Pilih Pelembap untuk Kulit Berjerawat


Bagaimana pelembap untuk kulit berjerawat.
Tips Pilih Pelembap untuk Kulit Berjerawat.

Tips pilih pelembap untuk kulit berjerawat - Jerawat merupakan masalah pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak. Jerawat muncul ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Hal ini menyebabkan peradangan dan penyumbatan pori-pori kulit. Peradangan ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil yang terkadang bisa berisi nanah.


Kulit berjerawat sendiri memiliki beberapa gejala umum seperti munculnya benjolan berwarna merah ataupun kuning, adanya rasa panas ataupun terbakar dan timbulnya rasa gatal pada benjolan.


Perawatan wajah untuk kulit yang mudah berjerawat memang susah-susah gampang. Untuk itu, diperlukan cara perawatan khusus dalam merawat wajah yang cenderung berjerawat, agar jerawat tidak semakin bertambah banyak.


Peradangan jerawat ini bisa semakin parah jikakamu sering menyentuhnya atau bahkan memecahkan si benjolan.


Meskipun berkaitan dengan produksi minyak, tapi menggunakan pelembap untuk kulit berjerawat sangat disarankan. Pelembap untuk kulit berjerawat yang tepat akan memberikan nutrisi lebih dan mengembalikan kondisi dan tekstur kulit dan mengatasi masalah jerawat.


Tips Pilih Pelembap untuk Kulit Berjerawat

Wajah berjerawat biasanya memiliki tipe kulit yang cenderung berminyak, karena minyak yang dihasilkan biasanya menyumbat pori-pori wajah dan jika tidak dibersihkan, akan menimbulkan jerawat. Selain dibersihkan, kulit wajah berjerawat juga harus diberikan perawatan agar tetap terdehidrasi dengan baik.


Setelah membersihkan wajah, gunakan rangkaian skincare rutin yang telah cocok di kulit kamu. Jangan lewatkan pelembap di setiap rangkaian skincare rutin.


Baca juga: Rekomendasi Sleeping Mask Lokal Terbaik dan Murah


Beberapa jenis pelembap memang bertekstur padat sehingga rentan menyisakan residu di kulit wajah yang menjadikan pori-pori tersumbat lalu munculah jerawat.


Namun tentunya hal itu tidak akan terjadi bila kamu bisa tips pilih pelembap untuk kulit berjerawat yang tepat, berikut tipsnya:


Bertekstur Ringan

Wajah berjerawat disarankan menggunakan pelembap dengan tekstur yang ringan seperti losion, karena akan lebih terasa nyaman di kulit yang berjerawat.


Tips pilih pelembap untuk kulit berjerawat pertama adalah pilih yang water based sehingga akan lebih mudah meresap tanpa meninggalkan kesan greasy.


Tanpa Kandungan Minyak

Tips pilih pelembap untuk kulit berjerawat adalah memastikan tidak mengandung minyak, karena dengan adanya kandungan minyak makan kulit akan terasa lebih berat.

Begini Pelembap untuk Kulit Berjerawat.
Tips Pilih Pelembap untuk Kulit Berjerawat.

Kulit berjerawat juga membutuhkan hidrasi, sehingga kamu bisa mencari pelembap dengan label melembapkan tanpa kandungan minyak.


Memiliki Kandungan Salicylic Acid

Memiliki kulit berjerawat memang harus berhati-hati namun tetap melakukan perawatan. Pelembap bukan hanya melindungi kulit wajah, tapi juga bisa kamu jadikan sebagai perawatan kulit berjerawat.


Tips pilih pelembap untuk kulit berjerawat adalah memilih pelembap yang mengandung salicylic acid, yang terbukti ampuh mengatasi berbagai masalah kulit. Diantaranya meringankan gejala jerawat, serta menghilangkan jerawat sambil merontokan sel kulit mati sehingga tidak ada kotoran yang menumpuk pada permukaan kulit.


Namun harus diperhatikan untuk kandungan salicylic acid tidak boleh terlalu banyak diaplikasikan di wajah.


Apabila kamu sudah menggunakan toner dengan kandungan salicylic acid, maka untuk skincare lainnya tidak boleh produk yang mengandung salicylic acid. Hal ini justru bisa membuat skin barrier rusak, kulit kering atau bahkan iritasi.


Hindari Pelembab dengan SPF lebih dari 30

Memiliki pelembap yang sudah mengandung SPF memang menghemat dan juga memiliki proteksi lebih pada kulit.


Baca juga: Catat, Ini Segudang Manfaat Aloe Vera untuk Wajah


Tips pilih pelembap untuk kulit berjerawat berikutnya tidak disarankan yang mengandung SPF lebih dari 30, walaupun pelembap kamu sudah mengandung SPF tapi disarankan untuk tetap mengaplikasikan tabir surya pada wajah.


Tabir surya melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa merusak kulit. Namun bagi pemilik kulit berjerawat tidak disarankan menggunakan produk dengan SPF diatas 30, karena biasanya produk ini memiliki konsentrasi lebih tinggi dan akan terasa berat di wajah.


Jangan lupa untuk aplikasikan pelembap pada malam dan pagi hari. Pagi hari sebagai produk akhir sebelum menggunakan sunscreen, dan pada malam hari sebagai produk akhir untuk mengunci seluruh rangkaian skincare yang telah kamu pakai sebelumnya.


Apakah artikel tips pilih pelembap untuk kulit berjerawat ini membantu?

9 views0 comments

Recent Posts

See All