Search
  • Herborist Natural Care

Jangan Asal Pilih, Ini Tips Memilih Pelembap untuk Ibu Hamil


Bagaimana Memilih Pelembap untuk Ibu Hamil?
Tips Memilih Pelembap untuk Ibu Hamil.

Tips memilih pelembap untuk ibu hamil - Dalam masa kehamilan, hormon sang ibu akan berubah. Perubahan ini biasanya terlihat dari kondisi kulit. Kulit yang tadinya mulus, saat hamil justru timbul jerawat atau malah kondisi kulit sangat kering.


Kondisi kering ini tentu memerlukan pelembap wajah. Selain melembapkan, fungsi lainnya dari pelembap adalah memastikan wajah mendapat nutrisi yang cukup sehingga kelembapan kulit terjaga dengan baik.


Namun pelembap untuk ibu hamil tidak bisa sembarangan. Sehingga harus berhati-hati memilih pelembap untuk ibu hamil, ikuti tips memilih pelembap untuk ibu hamil di bawah ini.


Tips Memilih Pelembap untuk Ibu Hamil

Ibu hamil memang rentan mengalami masalah kulit dan dalam beberapa kasus masalah yang dialami bisa menjadi parah. Perubahan ini normal karena perubahan hormon kehamilan.


Jangan sembarangan menggunakan produk karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan janin dalam kandungan. Ini tips memilih pelembap untuk ibu hamil:


Bahan Berbahaya

Ada banyak kandungan produk yang berbahaya untuk ibu hamil. Salah satu tips memilih pelembap untuk ibu hamil yang cukup penting adalah hindari yang mengandung:


  1. Retinoid yang dapat membantu sel kulit mati terkelupas dan meningkatkan produksi kolagen untuk meremajakan kulit. Namun ternyata ini dikaitkan dengan terjadinya cacat lahir bila digunakan dalam dosis tinggi, sehingga ibu hamil disarankan untuk menghindarinya.

  2. Salicylic Acid disebut ampuh mengatasi kulit berjerawat, namun ibu hamil harus menjauhi kandungan salicylic acid. Karena ada kemungkinan kandungan ini terlalu keras untuk janin dalam kandungan.

  3. Benzoyl Peroxide yang ampuh mengatasi jerawat jika digunakan dalam jumlah kecil masih aman, namun jika dalam jumlah besar dikhawatirkan akan berdampak mempengaruhi aliran darah ke janin dalam kandungan.


Baca juga: Kesalahan Menggunakan Pelembap yang Bikin Kulit Bermasalah


Tidak Mengandung Paraben

Paraben memiliki sifat yang mirip dengan hormon estrogen, yang dikhawatirkan akan menganggu perkembangan janin.


Paraben adalah zat kimia yang digunakan untuk mengawetkan produk perawatan wajah dan tubuh. Kandungan paraben bisa ditemukan di sampo, sabun mandi, sabun cuci muka, skincare lainnya dan kosmetik.


Sehingga ibu hamil harus lebih berhati-hati memiliki produk dan memastikan produk yang digunakan aman dari bahan berbahaya.


Mengandung Vitamin E

Vitamin E memang sangat dikenal memiliki banyak manfaat untuk kulit. Vitamin E mampu membantu mencerahkan kulit dan mampu memperbaiki sel kulit yang rusak. Menggunakan pelembap untuk ibu hamil yang mengandung vitamin E sangat aman digunakan.


Mengandung Bahan Alami

Pelembap untuk ibu hamil bisa digunakan ke wajah maupun tubuh, menggunakan pelembap untuk tubuh bisa mencegah munculnya stretch mark dan keloid.


Bahan alami pelembap untuk ibu hamil yang bisa digunakan adalah lidah buaya atau aloe vera. Aloe vera gel mengandung aneka nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, folat, kalsium, dan asam amino.


Kandungan yang kaya nutrisi baik tersebut membantu mengatasi permasalahan kulit seperti kulit terbakar dan kulit kering. Menggunakan pelembap untuk ibu hamil akan memberikan manfaat lain seperti:



Cara memilih pelembap untuk ibu hamil.
Tips Memilih Pelembap untuk Ibu Hamil.

Memudarkan Stretch Mark

Munculnya stretch mark saat hamil merupakan hal yang wajar dan normal. Aloe vera bisa dijadikan pelembap untuk ibu hamil yang sekalian memberikan manfaat mengurangi risiko munculnya stretch mark.


Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini 4 Tips Pilih Pelembap untuk Kulit Berjerawat


Menyamarkan Area Kehitaman

Kulit kehitaman merupakan salah satu kondisi yang umum dirasakan oleh semua orang termasuk ibu hamil. Menggunakan pelembap mampu menyamarkan area kehitaman. Pelembap alami seperti aloe vera gel dirasa mampu memberikan manfaat baik bagi ibu hamil.


Mengatasi Kulit Gatal

Perubahan hormon dan peregangan kulit biasa terjadi pada ibu hamil. Menggunakan aloe vera sebagai pelembap untuk ibu hamil bisa meredakan kulit gatal, kulit terasa terbakar dan kulit kemerahan.


Walau memiliki kulit yang tak terbaca kondisinya dan sensitif, ibu hamil tetap bisa melakukan perawatan wajah dan tubuh namun lebih memperhatikan kandungannya.


Apa artikel tentang tips memilih pelembap untuk ibu hamil ini membantu? Sebarkan artikel ini kepada ibu hamil lainnya!

3 views0 comments

Recent Posts

See All