Search
  • Herborist Natural Care

Perbedaan Tekstur dan Cara Pakai, Ini 5 Perbedaan Lulur dan Body Scrub yang Perlu Diketahui


Apa bedanya lulur dan body scrub?
Ini Perbedaan Lulur dan Body Scrub.

Perbedaan lulur dan body scrub - Memiliki kulit yang cerah dan sehat merupakan idaman para wanita. Sebab, mandi dengan sabun saja dirasa kurang, kini banyak perawatan tubuh yang mengklaim mampu mencerahkan dan menyehatkan kulit.


Di antaranya adalah body scrub dan lulur yang menjadi perawatan favorit bagi perempuan untuk memiliki kulit yang bebas kusam.


Perbedaan Lulur dan Body Scrub

Meski keduanya memiliki fungsi sama yaitu untuk mengangkat sel kulit mati, menjadikan kulit lebih cerah dan lembut, namun ada perbedaan-perbedaan mendasar yang perlu kamu ketahui untuk dapat menentukan perawatan terbaik tubuh dan kulitmu:


Perbedaan Kandungan


Apa perbedaan lulur dan body scrub?
Perbedaan Kandungan Lulur dan Body Scrub,

Perbedaan lulur dan body scrub yang pertama adalah dari segi kandungannya. Perlu kamu ketahui, lulur lebih akrab dengan varian rempah, layaknya beras, ketan, kunyit, sereh, hingga bunga-bungaan. Sedangkan body scrub lebih banyak menggunakan bahan dasar buah layaknya ekstra coklat, strawberry, bengkoang, jeruk, dan lain-lain.


Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut, Begini Cara Memaksimalkannya!


Perbedaan Tekstur


Ini perbedaan lulur dan body scrub.
Perbedaan Tekstur Lulur dan Body Scrub.

Setelah kandungan, tekstur juga jadi salah satu perbedaan lulur dan body scrub yang perlu kamu ketahui. Lulur biasanya memiliki tekstur yang lebih halus, dengan butiran-butiran yang sangat kecil. Karenanya lulur aman digunakan bagi semua jenis kulit, termasuk kulit yang sensitif.


Sedangkan tekstur scrub lebih kasar, dengan butiran-butiran yang lebih besar. Biasanya penggunaan scrub dilakukan maksimal 2 hingga 3 kali dalam seminggu, sebab teksturnya yang kasar dapat mengakibatkan ruam apabila diaplikasikan terlalu sering.


Perbedaan Formula


Apa bedanya Lulur dan Body Scrub?
Perbedaan Formula Lulur dan Body Scrub.

Perbedaan lulur dan body scrub yang selanjutnya adalah formulanya. Dibandingkan dengan body scrub, lulur memang memiliki varian formula yang lebih beragam. Sebab scrub memiliki formula berbentuk pasta yang padat dan kental, dengan butiran-butiran eksfoliasinya.


Formula yang pertama dimiliki lulur adalah bubuk, yang bisa kamu gunakan dengan menambahkan racikan air mawar, ataupun air biasa sebelum kemudian dibalurkan ke seluruh tubuh.


Formula kedua adalah berbentuk lulur kocok, biasanya digunakan bagi kamu yang tak ingin ribet dengan bentuk bubuk. Lulur kocok memiliki endapan ekstrak rempah dan air, yang akan menyatu setelah dikocok, barulah setelahnya bisa digunakan.


Formula yang ketiga berbentuk lebih kental, yang biasanya digunakan ketika kulit dalam kondisi lembap dan basah.


Cara Pakai


Begini cara pakai lulur dan body scrub.
Perbedaan Cara Pakai Lulur dan Body Scrub.

Tak banyak yang sadar bahwa terdapat perbedaan lulur dan body scrub dari cara pakainya. Meskipun dari segi fungsi sama, ternyata scrub dan lulur memiliki cara penggunaan yang berbeda. Produk body scrub diaplikasikan saat kulit dibasahi terlebih dahulu dengan air, sedangkan lulur body scrub diaplikasikan ke seluruh area permukaan kulit dengan keadaan kulit kering dan sebelum mandi.


Baca juga: Manfaat Air Mawar untuk Wajah, Apa Saja?


Manfaat


Apa Manfaat Lulur dan Body Scrub?
Perbedaan Manfaat Lulur dan Body Scrub.

Perbedaan lulur dan body scrub yang terakhir adalah manfaatnya. Body scrub memiliki fungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran, namun lulur meresap lebih dalam ke kulit sehingga memiliki manfaat lebih dalam daripada body scrub.


Jadi, setelah proses eksfoliasi yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran, lebih baik jika dilanjutkan dengan memakai lulur. Treatment ini memastikan pori-pori benar-benar dalam kondisi bersih. Oleh karena itu, perawatan ini membutuhkan waktu sejenak agar lebih meresap ke dalam kulit.


Selain itu penentuan pilihan yang baik untuk perawatan bisa dilihat dari manfaat dan kandungan bahannya. Jika perlu perawatan tubuh yang bisa mencerahkan kulit, bisa memilih scrub atau lulur yang punya kandungan pencerah seperti pepaya, bengkoang, tomat, dan sebagainya.


Lulur dan body scrub sama-sama berfungsi untuk mengangkat kotoran serta kulit mati. Bagi kamu yang ingin perawatan rutin tiap hari, maka lulur akan jadi pilihan yang cocok. Namun jika kamu lebih suka eksfoliasi beberapa kali saja dalam seminggu, maka scrub akan manjur untukmu.


Selain itu penentuan pilihan yang baik untuk perawatan bisa dilihat dari manfaat dan kandungan bahannya. Jika perlu perawatan tubuh yang bisa mencerahkan kulit, bisa memilih body scrub atau lulur yang punya kandungan pencerah seperti pepaya, bengkoang, tomat, dan sebagainya.


Kamu bisa pakai Herborist Lulur Tradisional Bali yang memiliki banyak varian untuk menemani rangkaian perawatan tubuhmu, dengan kandungan alami maka lulur Herborist ini bisa merawat kulit kamu tanpa membuat iritasi.


Setelah membaca artikel tentang perbedaan lulur dan body scrub ini, apakah kamu masih bingung terkait perbedaan karakteristik keduanya?



41 views0 comments

Recent Posts

See All