Search
  • Herborist Natural Care

Banyak yang Tidak Sadar, Ini 7 Perawatan Rambut yang Salah


Kebiasaan yang bikin rambut rusak.
Perawatan Rambut yang Salah.

Perawatan rambut yang salah - Rambut merupakan mahkota seorang perempuan yang sangat memengaruhi penampilan. Berbagai perawatan dilakukan demi menjaga kecantikan rambut. Tapi obsesi memiliki rambut cantik dengan berbagai perawatan justru bisa membuat kondisi rambut malah menjadi rusak jika melakukan perawatan rambut yang salah.


Perawatan Rambut yang Salah

Tanpa disadari, banyak kebiasaan yang ternyata justru malah merusak kesehatan dan kecantikan dari rambut kamu. Ini perawatan rambut yang salah namun masih kerap dilakukan:


Mengeringkan Rambut dengan Handuk

Tekstur handuk yang kasar rentan menyebabkan rambut rusak. Kebiasaan mengeringkan rambut dengan handuk ini memang merupakan kegiatan yang lumrah dilakukan sehabis keramas.


Tapi alangkah lebih baik kamu menggunakan handuk berbahan microfiber yang mampu mengurangi gesekan kencang ketika mengeringkan rambut.


Cat Rambut

Memiliki warna rambut yang berbeda dan sesuai keinginan adalah hal yang menyenangkan. Mengecat rambut tentu akan meningkatkan kontak langsung antara rambut dengan bahan kimia, sehingga hal yang dinilai akan menambah kecantikan rambut ini justru merusak kesehatan rambut.


Baca juga: Bukan Hanya untuk Kulit, Ini 8 Manfaat Aloe Vera untuk Rambut


Bahan kimia yang menjadi kandungan utama jika digunakan terlalu sering tidak baik untuk kesehatan kulit kepala, batang dan akar rambut.


Terlalu Sering Keramas

Dinilai bisa membersihkan rambut dari debu dan polusi, tak jarang orang mencuci rambut atau keramas setiap hari. Tapi ternyata keramas setiap hari bukanlah perawatan yang benar.


Perawatan rambut yang salah ini bisa kamu siasati dengan mencuci rambut maksimal tiga kali dalam seminggu.


Mencuci rambut terlalu sering akan menyebabkan rambut kehilangan minyak alaminya sehingga rambut menjadi kering, rusak dan mudah patah.


Saat keramas pun, kamu harus menggunakan sampo yang sesuai dengan kebutuhan serta jenis kulit kepala kamu. Menggunakan sampo yang sesuai akan merawat serta menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.


Berbeda jika kamu asal dalam pemilihan produk sampo yang akan meningkatkan risiko iritasi dan kerusakan rambut lainnya.


Keramas dengan Air Hangat

Keramas dengan air hangat memang terasa nyaman dan membuat tubuh kembali menjadi rileks. Namun temperatur air yang tinggi membuat rambut menjadi mudah kering dan patah.



Ini perawatan rambut yang salah, bikin rambut rusak.
Perawatan Rambut yang Salah.

Rambut kering akan tampak kusam dan mudah rontok karena kelembaban alaminya telah hilang. Maka dari itu, hentikan kebiasaan keramas dengan air hangat. Gunakan air dingin untuk menjaga kesehatan rambut sekaligus membersihkan kotoran dengan maksimal.


Menyisir rambut berlebihan

Menyisir merupakan kebiasaan yang kerap dilakukan agar rambut kembali rapi. Namun ini adalah perawatan rambut yang salah. Menyisir rambut secara berlebihan merupakan kebiasaan yang membuat rambut rusak. Menyisir rambut memang bertujuan untuk menata rambut agar tetap rapi dan tidak kusut.


Namun menyisir dengan cara yang salah menyebabkan rambut menjadi lemah dan rontok. Kamu bisa menyisir secara perlahan dan hindari menyisir rambut yang basah, karena rambut basah membuat kondisi rambut menjadi rentan patah.


Menggunakan Hair Dryer

Mengeringkan rambut menggunakan hair dryer kerap dilakukan sebagian wanita agar mendapatkan rambut kering secara merata dengan cepat. Namun menggunakan hair dryer yang langsung memasang dengan temperatur tinggi akan membuat rambut mudah bercabang, solusinya adalah mulai dengan temperatur rendah lalu setelah rambut setengah kering baru bisa naikan ke temperatur yang lebih tinggi.


Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut, Begini Cara Memaksimalkannya!


Sering menggunakan hair dryer tanpa menambahkan vitamin rambut tambahan merupakan perawatan rambut yang salah. Bayangkan saja, rambut kamu terkena temperatur tinggi tanpa perlindungan.


Menggosok Rambut dengan Kasar

Keramas merupakan perawatan rambut guna membersihkan rambut dari kotoran, debu dan bakteri. Namun cara keramas yang salah sangat meningkatkan risiko munculnya masalah rambut.


Kamu bisa melakukan gerakan keramas dengan perlahan serta lembut dan tidak menggosoknya terlalu keras. Bukannya bersih, kulit kepala kamu justru bisa luka karena gosokan yang terlalu keras. Serta rambut bisa menjadi kusut dan mudah rontok.


Mana kebiasaan yang masih suka kamu lakukan? Semoga dengan artikel tentang perawatan rambut yang salah ini, kamu berhenti lakukan itu dan dapatkan rambut yang kilau dan sehat.

5 views0 comments

Recent Posts

See All