Search
  • Herborist Natural Care

5 Masalah Kulit Paling Umum dan Begini Cara Menanganinya


Ini tanda masalah kulit paling umum.
Masalah Kulit Paling Umum.

Masalah kulit paling umum - Indonesia yang beriklim tropis membuat berbagai permasalahan kulit sering muncul akibat terpapar sinar matahari yang cukup intens.


Dari sekian banyak masalah kulit, ada 5 masalah kulit paling umum yang dirasakan oleh para wanita. Kamu harus menyadari masalah kulit wajahmu sebelum memilih metode perawatan kulit yang tepat sesuai kebutuhan dan jenis kulit kamu.


Masalah Kulit Paling Umum

Masalah kulit memang sangat bervariasi dan pasti berbeda di kulit wajah satu dan lainnya. Masalah kulit juga ada yang bersifat sementara atau bahkan permanen. Masalah kulit ini muncul karena beberapa penyebab seperti hormon, genetik, gaya hidup bahkan tanda-tanda adanya penyakit serius.


Kamu bisa cari tahu penyebab masalah kulit dan menentukan cara terbaik untuk mengatasinya. Ini masalah kulit paling umum terjadi yang perlu kamu tahu:


Kulit Kusam

Beraktivitas di luar ruangan bisa menjadi penyebab dari kulit kusam. Kulit kusam merupakan salah satu masalah kulit paling umum yang akan mengganggu penampilan karena membuat kulit terlihat lebih gelap dan tak terawat.


Ternyata kulit kusam bukan hanya masalah merusak penampilan saja, namun kulit kusam menandakan kondisi sel kulit yang tidak sehat. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun secara rutin setiap malam karena minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang mampu menyegarkan kulit tanpa meninggalkan residu.


Menggunakan sheet mask juga mampu memberikan kesegaran dan kulit akan tampak lebih segar dan cerah.

Ini Cara Mengatasi Masalah Kulit Paling Umum.
Masalah Kulit Paling Umum.

Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit paling umum berikutnya dengan kondisi komedo kecil atau bahkan bisa meradang. Jerawat bisa meninggalkan bekas kehitaman bahkan luka bopeng yang tidak bisa diatasi oleh perawatan sendiri melainkan dokter yang harus mengatasinya.


Bukan hanya di kulit wajah, melainkan di kulit tubuh seperti punggung rentan tumbuhnya jerawat. Untuk masalah kulit paling umum yang satu ini, kamu harus berhati-hati dalam memilih produk yang digunakan.


Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini 4 Tips Pilih Pelembap untuk Kulit Berjerawat


Untuk kulit yang berjerawat, disarankan tidak menggunakan banyak produk perawatan. Sebab, kondisi kulit yang sedang sensitif justru akan membuat masalah kulit semakin parah jika terlalu dipaksakan menerima banyaknya kandungan produk.


Perawatan dasar yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kulit paling umum ini seperti menggunakan pembersih wajah, sabun cuci muka, toner, pelembap untuk kulit berjerawat dan sunscreen.


Flek hitam

Flek hitam atau hiperpigmentasi terjadi karena produksi melanin yang berlebih sehingga meninggalkan bercak gelap di kulit. Hiperpigmentasi juga terjadi karena iritasi kulit yang menimbulkan area yang lebih gelap pada bekas kulit yang telah mengalami peradangan.


Untuk masalah kulit paling umum yang satu ini kamu bisa melakukan eksfoliasi guna mempercepat pergantian sel baru sehingga area kehitaman tersebut bisa memudar sehingga kulit kembali warnanya kembali menjadi rata dan lebih cerah.


Ini Masalah Kulit Paling Umum.
Masalah Kulit Paling Umum.

Warna Kulit Tidak Rata

Bukan hanya karena paparan sinar matahari, warna kulit yang tidak rata atau belang juga bisa disebabkan karena pertambahan usia, bahkan hormon yang tidak seimbang.


Untuk mengatasi kulit belang, kamu bisa menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF yang cukup setiap hari secara rutin. Setelahnya kamu bisa mengoleskan minyak zaitun ke kulit wajah yang tidak rata.


Garis Halus atau Kerutan

Hal ini disebabkan karena berkurangnya produksi kolagen pada kulit. Bukan hanya mereka yang telah berusia 30 tahun ke atas yang bisa memiliki kerutan halus pada wajahnya, kini usia 20-an bisa memiliki kerutan halus lantaran radikal bebas yang ada di lingkungan.


Bukan hanya paparan sinar matahari, namun kerutan halus juga bisa dipicu oleh berbagai faktor yang mempercepat terjadinya kerutan halus di wajah, seperti gaya hidup, pola makan, keturunan, dan kebiasaan.


Baca juga: Wajah Kencang Hanya dengan 5 Menit, Ikuti Cara Pijat Wajah Pakai Minyak Zaitun


Merokok, misalnya, sebagai pemicu radikal bebas. Radikal bebas terbentuk dari molekul oksigen yang sebelumnya bersih. Tetapi ketika terkena zat dari rokok menjadi over-aktif dan tidak stabil. Kemampuan sel-sel tubuh untuk menghancurkan radikal bebas itulah yang dapat menyebabkan penuaan dini.


Garis halus ini biasanya muncul bersama kondisi kulit yang kendur. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan pijat wajah untuk mengembalikan elastisitas kulit serta menyamarkan kerutan halus. Lakukan pijat wajah dengan cara dan langkah yang benar.


Setelah membaca artikel ini, semoga kamu jadi lebih paham penanganan untuk masalah kulitpaling umum yang kamu alami, ya!

4 views0 comments

Recent Posts

See All