Search
  • Herborist Natural Care

Tak Hanya Lezat, Ini 7 Manfaat Cokelat untuk Kesehatan


Apa Manfaat Cokelat untuk Kesehatan?
Manfaat Cokelat untuk Kesehatan.

Manfaat cokelat untuk kesehatan - Cokelat memang digemari oleh banyak orang, karena memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut di mulut. Disebut mampu menaikkan mood, ternyata ada beragam manfaat cokelat untuk kesehatan yang mungkin belum kamu ketahui.


Manfaat Cokelat untuk Kesehatan

Cokelat merupakan olahan biji kakao yang dipanggang, digiling, lalu dibentuk menjadi cair, pasta, atau dalam bentuk balok.


Cokelat dapat diolah menjadi beragam jenis makanan dan minuman. Selain itu, cokelat juga sering digunakan sebagai campuran untuk membuat kue, biskuit, es krim, hingga permen.


Cokelat kaya akan kandungan antioksidan, termasuk polifenol, flavanol, dan katekin. Karena kandungan ini, ada beragam manfaat cokelat untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan saat mengkonsumsinya. Apa saja?


Berikut manfaat cokelat untuk kesehatan yang perlu kamu tahu:


Mencegah Penuaan Dini

Cokelat mengandung dua jenis antioksidan, yaitu polifenol dan flavonoid. Karena memiliki kandungan ini, manfaat cokelat untuk kesehatan yang pertama adalah mampu menangkal radikal bebas penyebab penyakit dan penuaan dini.


Tubuh bisa terpapar radikal bebas dari lingkungan sekitar, seperti radiasi sinar matahari, asap rokok, asap kendaraan, hingga makanan.


Radikal bebas menyebabkan mutasi DNA hingga memicu berbagai penyakit seperti radang sendi, penyakit jantung, stroke, hipertensi, asam lambung, alzheimer, dan Parkinson.


Baca juga: 5 Bahan Alami untuk Lulur yang Bisa Kamu Temukan di Dapur!


Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat cokelat untuk kesehatan yang kedua bersumber dari kandungan flavonoid. Dalam tubuh, flavonoid mengaktifkan gen dalam sel untuk memproduksi nitrit oksida.


Nitrit oksida berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah jadi lebih lancar dan akhirnya tekanan darah ikut menurun.


The American Journal of Clinical Nutrition menerbitkan penelitian tentang hubungan cokelat yang bisa menurunkan tekanan darah. Hasilnya, manfaat cokelat untuk kesehatan saat dikonsumsi selama 18 minggu, menurunkan tekanan darah hingga 18% pada pasien hipertensi.


Apa Manfaat Cokelat untuk Kesehatan?
Manfaat Cokelat untuk Kesehatan.


Menjaga Stamina

Cokelat mengandung teobromin, yaitu senyawa stimulan yang mirip dengan kafein, namun efeknya lebih lemah.


Senyawa ini bersifat stimulan terhadap sistem saraf pusat sehingga manfaat cokelat untuk kesehatan selanjutnya adalah menjaga stamina dan siap menjalani aktivitas harian.


Meningkatkan Mood

Manfaat cokelat untuk kesehatan satu ini tidak perlu diragukan lagi. Cokelat memang sangat dikenal dapat meningkatkan mood.


Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi cokelat dapat menurunkan hormon kortisol yang dihasilkan tubuh saat stres. Cokelat juga mampu merangsang otak untuk melepaskan lebih banyak hormon endorfin dan serotonin yang dapat membuat kamu lebih merasa bahagia.


Meningkatkan Memori Otak

Manfaat cokelat untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk meningkatkan memori otak.


Penelitian menunjukkan bahwa lansia yang diberikan ekstrak cokelat dengan kandungan flavonoid yang tinggi akan memperoleh peningkatan fungsi kognitif yang signifikan, dengan cara meningkatkan peredaran darah ke otak.


Selain itu, kandungan kafein dan teobromin dalam cokelat mampu meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek. Karena alasan ini, manfaat cokelat untuk kesehatan disebut-sebut dapat meningkatkan memori otak seseorang.


Baca juga: Ampuh Kencangkan Kulit hingga Hilangkan Stress, Ini Manfaat Lulur Badan


Dapat Meredakan Peradangan

Peradangan kronis dapat merusak sel dan jaringan, serta meningkatkan risiko beberapa kondisi kesehatan, termasuk diabetes tipe 2, artritis, dan kanker.


Cokelat memiliki efek antiinflamasi atau antiradang, sehingga manfaat cokelat untuk kesehatan dapat membantu menangkal penyakit kronis.


Apa manfaat cokelat untuk kesehatan?
Manfaat Cokelat untuk Kesehatan.


Melindungi Kulit

Tak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan, tetapi coklat juga baik untuk kulit. Senyawa bioaktif yang ditemukan dalam cokelat dapat melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan aliran darah ke kulit, dan menjaga kulit tetap terhidrasi.


Beragam manfaat cokelat untuk kesehatan telah kamu ketahui, ternyata cokelat juga memiliki senyawa baik yang mampu merawat kulit kamu. Kandungan bioaktif inilah yang mampu menjaga kulit dari risiko paparan sinar matahari.


Penggunaannya yang rutin pun mampu menjaga kelembapan kulit kamu, sehingga kulit lebih terasa halus dan sehat.


Herborist Lulur Bali Tradisional Chocolate, dengan kandungan vitamin E yang mampu membantu proses melembapkan kulit secara maksimal dengan merontokan sel-sel kulit mati. Setelahnya kamu bisa menggunakan Herborist Body Butter Chocolate yang akan menambah serta menjaga kelembapan kulit dan menjaga kulit dari paparan sinar matahari.


Setelah mengetahui manfaat cokelat untuk kesehatan, kamu harus coba cokelat dijadikan perawatan kulit kamu ya!


5 views0 comments

Recent Posts

See All