Search
  • Herborist Natural Care

Kesalahan Menggunakan Skincare Rutin Ini Bikin Kulit Malah Jadi Rusak


Apa saja kesalahan skincare?
Kesalahan Menggunakan Skincare.

Kesalahan menggunaan skincare - Merawat kulit menggunakan skincare merupakan upaya menjaga kesehatan kulit. Namun ternyata ada beberapa kesalahan menggunakan skincare yang justru bikin kulit malah rusak.


Kesalahan Menggunakan Skincare

Sudah merogoh dompet cukup dalam untuk beberapa produk skincare, tapi ternyata kulit wajah malah jadi rusak? Mungkin bukan dari kandungan produknya, tapi beberapa kebiasaan yang justru bikin kulit menjadi rusak atau memiliki masalah. Ini beberapa kesalahan menggunakan skincare yang bisa jadi faktor permasalahan kulit.


Menggunakan Micellar Water

Kesalahan menggunakan skincare yang pertama adalah tidak menggunakan micellar water. Merasa akan mencuci wajah dengan sabun cuci muka, masih banyak orang yang menganggap tidak penting melakukan double cleansing. Padahal air dan sabun cuci muka kurang bisa membersihkan wajah dari segala partikel makeup up dan kotoran.

Kamu bisa menggunakan micellar water atau milk cleanser sebagai makeup remover untuk memastikan kotoran benar-benar terangkat dan tidak meninggalkan residu pada pori-pori sebelum mencuci wajah dengan sabun cuci muka.


Cuci Muka

Mencuci muka memang dinilai mampu membersihkan kulit dari kotoran, namun bukan berarti kamu bisa sering mencuci muka dengan facial wash. Karena kandungan pada sabun cuci muka bisa mengikis lapisan minyak yang mengakibatkan pelepasan minyak lebih banyak.


Sehingga pori-pori bisa tersumbat dan memicu timbulnya komedo dan jerawat. Cuci muka menggunakan facial wash tidak boleh lebih dari dua kali dalam sehari ya, ini merupakan kesalahan menggunakan skincare yang masih sering dilakukan.


Baca juga: 5 Perbedaan Facial Foam dan Facial Wash yang Harus Kamu Pahami, Jangan Sampai Salah!


Toner

Tidak menggunakan toner merupakan kesalahan menggunakan skincare yang berikutnya. Toner memiliki manfaat untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit sehingga kulit lebih siap menerima perawatan wajah selanjutnya. Karena skincare akan lebih mudah meresap dan bekerja maksimal pada kondisi kulit yang lembap. Selain itu, toner mampu mengatasi berbagai masalah kulit kamu dan memberikan nutrisi lebih. Kamu bisa menggunakan toner sesuai dengan jenis kulit kamu.


Deretan Kesalahan Menggunakan Skincare.
Kesalahan Menggunakan Skincare.

Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan perawatan mengangkat sel kulit mati. Penumpukan sel kulit mati menjadi faktor kulit tampak kusam, kering dan kasar. Melakukan eksfoliasi kulit secara terus menerus justru akan merusak kulit karena menyebabkan kekeringan, iritasi, bahkan rasa terbakar pada kulit wajah.


Kesalahan menggunakan skincare ini juga bisa membuat kulit menjadi tipis. Kamu bisa melakukan eksfoliasi secara rutin dua kali dalam seminggu. Eksfoliasi sendiri bisa menggunakan produk dengan bahan kimia, atau produk yang mengandung scrub halus khusus eksfoliasi.


Tidak Menggunakan Pelembap

Kesalahan menggunakan skincare berikutnya yang kerap dilakukan adalah menyepelekan pengunaan pelembap. Merasa kulit sudah cukup lembap dan telah menggunakan produk skincare lainnya seperti cream pagi dan cream malam, tapi pelembap kerap dilupakan. Padahal menggunakan pelembap sangat penting dan termasuk dalam basic skincare, semua jenis kulit wajib menggunakan pelembap yang sesuai.


Mencampur Produk Skincare

Kesalahan menggunakan skincare yang berikutnya adalah kurang teliti pada bahan produk yang tidak bisa digabungkan. Seperti penggunaan retinol yang dicampukan dengan AHA BHA. Biasanya kedua produk ini digunakan untuk mengencangkan kulit, kulit lebih mulus tanpa komedo dan mencerahkan wajah. AHA BHA bersifat mengeksfoliasi kulit sehingga mampu mengangkat sel kulit mati.


Sedangkan retinol mampu merangsang regenerasi sel kulit kulit dan produksi kolagen, sehingga menggabungkan produk skincare yang memiliki kandungan tersebut justru membuat kulit terlalu bekerja keras dan justru menjadi mengelupas dan iritasi. Sehingga manfaat dari retinol maupun AHA BHA menjadi tidak efektif.


Ini kesalahan menggunakan skincare.
Kesalahan Menggunakan Skincare.

Memakai Produk Terlalu Banyak

Kesalahan menggunakan skincare selanjutnya adalah menggunakan produk terlalu banyak. Padahal mengoleskan produk skincare yang terlalu banyak justru akan sia-sia dan kandungan pada produk menjadi tidak efektif. Pemilihan produk skincare juga harus berhati-hati, biasanya kesalahan skincare yang masih juga dilakukan adalah terlalu mengikuti hype sehingga tidak menyesuaikan skincare dengan jenis dan permasalahan kulit.


Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini 4 Tips Pilih Pelembap untuk Kulit Berjerawat


Tidak Menggunakan Sunscreen

Merasa tidak melakukan kegiatan di luar ruangan, kita jadi tidak menggunakan sunscreen menjadi kesalahan menggukan skincare lainnya. Sunscreen wajib digunakan setiap pagi meskipun kamu beraktivitas di luar ruangan dan tidak akan terpapar sinar matahari.

Setelah membaca artikel ini, kesalahan menggunakan skincare mana yang masih sering kamu lakukan? Semoga kesalahan-kesalahan menggunakan skincare ini tidak kamu lakukan lagi di masa mendatang, ya.


4 views0 comments

Recent Posts

See All