Search
  • Herborist Natural Care

Beragam Jenis Lulur Tradisional dan Manfaatnya


Apa saja jenis lulur tradisional
Beragam Jenis Lulur Tradisional.

Jenis lulur tradisional - Perawatan tubuh memang hal yang harus dilakukan secara rutin apalagi saat kamu sering beraktivitas di luar ruangan. Sebab, penumpukan sel kulit mati akan membuat kulit menjadi kusam dan terasa kasar. Tentu hal ini tidak diinginkan oleh para wanita, sehingga perawatan tubuh sama pentingnya dengan perawatan wajah.


Selain menggunakan losion, memakai lulur membantu merawat kulit dan membantu penyerapan lotion ke kulit.


Dari banyaknya jenis lulur, manfaat utama lulur ialah merontokkan sel kulit mati karena memiliki scrub kecil sehingga perawatan ini termasuk eksfoliasi kulit.


Lulur juga sering dijadikan kegiatan saat me time. Selain pemakaian lulur yang banyak manfaatnya untuk kulit, proses pemijatan ringan membantu melancarkan peredaran darah serta aroma dari lulur membuat pikiran lebih tenang.

Jenis lulur terbagi menjadi lulur tradisional dan lulur modern, lulur tradisional terbuat dari rempah-rempah dan tepung dengan tekstur sedikit lebih kasar dan digunakan dengan cara dioleskan dan digosok perlahan-lahan ke seluruh tubuh.


Sementara itu, jenis lulur modern terbuat dari butiran scrub dilengkapi lotion yang sebagian besar terbuat dari susu.


Jenis lulur tradisional memiliki banyak manfaat tergantung bahan alami yang digunakan.


Jenis Lulur

Ada banyak jenis lulur tradisional, semua bahan yang terkandung akan memberikan manfaat yang berbeda pada kulit. Berikut jenis lulur tradisional yang bisa kamu coba:



Apa saja jenis lulur tradisional?
Jenis Lulur Tradisional adalah Lulur Susu


Lulur Susu

Jenis lulur tradisional yang satu ini tak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam merawat kulit. Kandungan vitamin, fosfor, kalsium, protein, dan mineral yang terdapat pada susu baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit.


Jika awalnya susu hanya dikonsumsi sebagai minuman, kini banyak orang yang memanfaatkan susu sebagai lulur.


Baca juga: 5 Cara Luluran yang Benar, Catat Ya!


Kandungan alami susu mampu untuk menghilangkan flek hitam di wajah dan badan sehingga kulit tampak lebih cerah alami.


Susu memiliki kandungan protein yang menjadi suplai tambahan nutrisi untuk kulit, kandungan asam laktat pada susu juga dapat membantu membersihkan kulit dan merangsang regenerasi pertumbuhan sel kulit baru.


Tak heran jika jenis lulur ini menjadi favorit bagi para wanita, sudah memiliki banyak manfaat untuk kulit ditambah aroma yang lembut membuat betah saat melakukan luluran.


Lulur Coconut


Ini beberapa jenis lulur tradisional.
Jenis Lulur Tradisional adalah Lulur Coconut.

Jenis lulur tradisional ini berbahan dasar coconut atau minyak kelapa yang mampu mencegah tanda penuaan dini pada kulit seperti keriput. Coconut mampu melembapkan sehingga kulit terhindar dari kekeringan. Wanginya yang khas juga bisa membantu menghilangkan bau badan. Jenis lulur ini sangat pas buat kamu yang sering beraktivitas di ruangan AC.


Lulur Bengkuang


Ada berapa jenis lulur tradisional?
Lulur Bengkuang Termasuk Jenis Lulur Tradisional

Bengkuang mengandung berbagai nutrisi penting yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit. Bengkuang yang kaya akan antioksidan mampu melindungi sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.


Jenis lulur tradisional yang menggunakan bengkuang sebagai bahannya dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan mencerahkan karena bengkuang mengandung vitamin C dan Vitamin B dan zat aktif lainnya seperti antitirosin.


Antitirosin dalam bengkuang bekerja dengan cara menghambat aktivitas enzim tirosinase, yaitu enzim yang diperlukan dalam produksi melanin. Hal ini membuat proses pembentukan melanin dapat terhambat, sehingga produksi melanin pada kulit kamu bisa lebih lambat. Hasilnya, warna kulit kamu pun tidak bertambah gelap. Dengan kata lain, zat aktif dalam bengkuang ini dapat membantu mencerahkan kulit kamu.


Lulur Zaitun


Ini beberapa jenis lulur tradisional.
Lulur Zaitun Termasuk Jenis Lulur Tradisional.

Zaitun mengandung zat antioksidan serta antiradang. Kandungan ini membantu kulit melawan radikal bebas dan mengatasi peradangan yang bisa menyebabkan munculnya kerutan. Sehingga jenis lulur zaitun ini dapat diandalkan untuk mengencangkan kulit.


Karena konsistensinya yang tinggi dan penuh dengan antioksidan, minyak zaitun membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.


Jenis lulur tradisional ini mampu membantu mengurangi rasa tidak nyaman pada kulit, yang disebabkan karena rasa gatal, dapat juga menggunakannya untuk mengobati ruam.


Baca juga: 5 Bahan Alami untuk Lulur yang Bisa Kamu Temukan di Dapur!


Lulur Alpukat


Jenis lulur tradisional ada apa aja?
Lulur Alpukat Merupakan Jenis Lulur Tradisional.

Alpukat merupakan buah yang kaya akan nutrisi dan vitamin. Jenis lulur tradisional ini bisa diandalkan untuk mencegah kerusakan kolagen pada kulit karena kandungan asam omega-3 nya, karotenoid yang terkandung di dalam alpukat juga bisa mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Menariknya, jenis lulur tradisional ini mampu menjaga kekencangan kulit karena kemampuannya untuk meningkatkan produksi kolagen dalam kulit.


Lulur Cokelat


Ini jenis lulur tradisional.
Lulur Cokelat merupakan Jenis Lulur Tradisional.

Lulur cokelat merupakan jenis lulur tradisional yang wajib kamu coba jika ingin memperbaiki tekstur kulit.


Kemampuan cokelat dalam mengontrol sekresi sebum dari kulit sehingga mampu memperlancar peredaran darah pada kulit. Peredaran darah yang lancar bisa memperbaiki tekstur kulit menjadi lebih lentur namun tetap terjaga kekencangannya.


Dari berbagai macam jenis lulur tradisional di atas, kamu harus memilih jenis lulur yang memang dibutuhkan dilihat dari permasalahan kulitmu. Jenis lulur mana yang paling sesuai dengan kulitmu?


7 views0 comments

Recent Posts

See All