Search
  • Herborist Natural Care

4 Jenis Kulit Wajah dan Cara Mengetahuinya


Gimana test jenis kulit wajah?
Jenis Kulit Wajah.

Jenis kulit wajah - Tidak sedikit orang yang bingung jenis kulit wajahnya sendiri, sehingga salah saat melakukan perawatan dan menyebabkan munculnya permasalahan kulit.

Untuk mendapat kulit sehat dan bersih, kamu harus melakukan perawatan dengan tepat. Yang paling penting adalah mengetahui jenis kulit wajah terdahulu, itu akan membantu menentukan metode perawatan kulit sehari-hari.


Kamu bisa ikuti langkah mudah berikut ini untuk mengetahui jenis kulit wajah kamu secara pasti.


Bersihkan Wajah

Untuk mengetahui jenis kulit wajah yang pertama dilakukan adalah membersihkan wajah.


Pastikan kamu membersihkan wajah dengan benar, kamu bisa menggunakan micellar water atau milk cleanser untuk memastikan wajah benar-benar bersih dari debu dan riasan wajah.


Setelah itu kamu bisa mencuci dengan sabun cuci muka dan membilasnya dengan air bersih lalu diamkan wajah sampai kering dengan sendirinya. Jangan gunakan tisu atau handuk, kamu bisa menepuk-nepuk pelan wajah.


Menunggu 60 Menit

Setelah membersihkan wajah, cara mengetahui jenis kulit wajah selanjutnya adalah kamu bisa menunggu selama 60 menit.


Jangan gunakan produk apapun selama 60 menit, karena pada waktu tersebut jenis kulit wajah akan kembali ke kondisi aslinya dan jenis kulit wajah akan kamu ketahui dengan akurat.

Ini Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah.
Jenis Kulit Wajah.

Menggunakan tisu

Kamu bisa menempelkan tisu atau blotting paper pada area wajah. Jika pada permukaan tisu atau blotting paper ada banyak minyak yang menempel, jenis kulit wajah kamu adalah berminyak. Kalau minyak yang menempel hanya sedikit, jenis kulit wajah kamu adalah normal.


Bila minyak hanya menempel pada area T-zone maka jenis kulit wajah kamu adalah kombinasi. Dan jika tidak ada minyak yang menempel di permukaan tisu, jenis kulit wajah kamu adalah kering.


Perhatikan Pori-pori

Cara mengetahui jenis kulit wajah selanjutnya adalah dengan memperhatikan pori-pori wajah. Jika pori-pori wajah terlihat seperti kulit jeruk, artinya jenis kulit wajah kamu adalah berminyak.


Baca juga: Tak Hanya Lezat, Ini 7 Manfaat Cokelat untuk Kesehatan


Namun jika tidak terlihat pori-pori, bisa menjadi tanda kamu memiliki jenis kulit wajah yang kering. Dan bila pori-pori lebih besar di area T-zone maka jenis kulit wajah bisa digolongkan ke kombinasi.


Jenis Kulit Wajah

Kulit wajah terbagi menjadi empat jenis, yaitu jenis kulit wajah normal, kering, kombinasi, dan berminyak. Sudah mengetahui jenis kulit wajah kamu? Kini ketahui lebih dalam lagi mengenai jenis kulit wajah agar benar dalam menggunakan produk perawatan.


Kulit Normal

Jenis kulit wajah ini cenderung memiliki kandungan air dan minyak yang seimbang. Sehingga kondisi kulit tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak. Biasanya jenis kulit wajah normal jarang memiliki masalah kulit.


Walau terasa jenis kulit wajah yang paling aman, tapi pemilik jenis kulit wajah ini harus tetap merawatnya dengan benar agar tidak menjadi berminyak ataupun kering.


Kulit Berminyak

Jenis kulit wajah berminyak merupakan kondisi kulit yang memproduksi minyak berlebih.


Produksi minyak berlebih bisa karena beberapa faktor seperti stress dan perubahan hormon. Jenis kulit berminyak cenderung memiliki masalah kulit wajah, misalnya pori-pori yang besar, kulit terlihat berkilau namun tampak kusam, munculnya komedo dan tumbuhnya jerawat.


Walau terasa tidak nyaman, jangan terlalu sering mencuci muka untuk menghilangkan minyaknya. Mencuci dengan sabun cuci muka dengan sering justru membuat kulit menjadi kering.


Dan jangan melupakan pelembap, karena walaupun kulit telah memproduksi minyak secara berlebih, ada manfaat pelembab untuk kulit kering yang bisa kamu dapatkan.


Ini Cara Test Jenis Kulit Wajah.
Jenis Kulit Wajah.

Kulit Kering

Jenis kulit wajah kering memiliki kondisi kulit yang dengan sedikit kelembapan di lapisan kulit terluarnya. Jenis kulit wajah kering bisa disebabkan oleh genetik, faktor umur, hingga perubahan cuaca.


Memiliki kulit kering juga harus berhati-hati saat memilih produk perawatan wajah, khawatir kulit malah akan menjadi lebih kering. Jangan lupakan pelempab rutin dan hindari mencuci muka dengan air terlalu lama.


Baca juga: Selain Melembapkan, Ini Manfaat Aloe Vera Gel yang Perlu Kamu Tahu!


Ciri-ciri untuk jenis kulit wajah kering bisa terlihat dari adanya garis-garis halus, kulit yang kasar, bersisik, kemerahan dan terasa gatal.


Kulit Kombinasi

Jenis kulit wajah kombinasi memiliki kondisi perbedaan antara kulit. Biasanya akan berminyak di area T-zone, dan kering di area lainnya.


Merawat kulit kombinasi, kamu bisa menggunakan produk perawatan dengan kandungan ringan. Sebisa mungkin kamu menggunakan produk berbeda pada area yang berbeda, biasanya T-zone akan berminyak sehingga kamu bisa menggunakan produk anti jerawat seperti benzoil peroksida.


Itulah penjelasan mengenai jenis kulit, jadi apa jenis kulit wajah kamu?


13 views0 comments

Recent Posts

See All