Search
  • Herborist Natural Care

Ini Fakta Minyak Zaitun yang Jarang Diketahui!

Fakta minyak zaitun - Memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kulit, minyak zaitun masih menjadi favorit untuk digunakan dan dikonsumsi. Tapi, ada beberapa fakta minyak zaitun yang harus kamu ketahui.


Ini Fakta Minyak Zaitun.
Beragam Fakta Minyak Zaitun.

Fakta Minyak Zaitun

Sebelum kamu menggunakan minyak zaitun, ada baiknya kamu mengetahui fakta minyak zaitun di bawah ini:


Bisa Hidup Ratusan Tahun

Fakta minyak zaitun pertama dan paling menonjol adalah bahwa pohon zaitun dapat hidup hingga 2.000 tahun. Dan pada umumnya pohon zaitun memiliki umur rata-rata antara 300-600 tahun karena zaitun tumbuh dengan perlahan.

Minyak Zaitun Termasuk Jus

Fakta minyak zaitun yang jarang diketahui adalah minyak zaitun termasuk jenis jus buah. Karena zaitun merupakan buah, dan minyaknya merupakan hasil olahan dari si buah.


Hanya Tersedia 4 Liter

Fakta minyak zaitun yang menarik adalah bahwa setiap pohon zaitun memberikan 4 liter minyak setiap tahun.


Satu pohon zaitun dapat menghasilkan sekitar 30 kilogram buah yang kira-kira setara dengan 4 liter minyak setiap tahun selama ratusan tahun.


Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah, Bisa untuk Relaksasi Wajah!


Mirip dengan Manusia

Fakta minyak zaitun yang unik adalah pohon zaitun memiliki 46 kromosom, yang merupakan jumlah kromosom yang sama dengan yang dimiliki manusia.


Rasa Terbakar

Fakta minyak zaitun yang selanjutnya adalah minyak zaitun memiliki rasa terbakar.


Ketika meminum minyak zaitun berkualitas tinggi sering kali kamu akan merasa sedikit 'terbakar' di bagian belakang tenggorokan. Ini adalah hal yang baik, karena adanya kandungan polyphenol yang sehat.


Kualitas Minyak Zaitun

Perbedaan kualitas minyak zaitun yang baik dengan yang murah adalah dari sisi rasa. Minyak zaitun berkualitas rendah biasanya bahkan tidak melewati tes standar minyak zaitun.


Fakta minyak zaitun lainnya adalah dapat dinilai dari segi rasa. Biasanya minyak zaitun berkualitas buruk menggunakan bahan kimia untuk menghilangkan bau, rasa, dan pigmen dari minyak. Meski tak berbahaya, namun ini justru mengurangi rasa khas dari minyak zaitun.


Warna Minyak Tidak Penting


Fakta minyak zaitun selanjutnya adalah ternyata warna dalam minyak zaitun tidak begitu penting. Minyak zaitun dengan kualitas bagus bisa berwarna keemasan hingga kuning tua hampir kehijauan. Ini bergantung pada jenis buah zaitun yang digunakan.


Membaca Label

Fakta minyak zaitun yang mungkin jarang diperhatikan adalah membaca label.

Label minyak zaitun terkadang tak menulis kebenaran. Akan lebih baik kalau kamu telah mengetahui satu merek yang terbukti bagus dan bisa diandalkan. Jika tidak, tak ada jaminan bahwa yang kamu beli adalah minyak zaitun berkualitas baik.


Meski begitu ada beberapa hal yang membantu kamu. Coba perhatikan dari mana negara pembuat minyak tersebut berasal. Minyak zaitun dengan kualitas baik sering kali berasal dari Spanyol, Yunani, atau Italia. Selain itu, cek masa berlaku, dan tingkat keasamannya (harus kurang dari 0,8 persen). Perhatikan dengan seksama dan jangan sampai tertipu.


Zaitun Hitam dan Zaitun Hijau Adalah Sama


Fakta minyak zaitun berikutnya adalah bahwa zaitun hitam dan zaitun hijau adalah sama. Perbedaan antara zaitun hijau dan hitam adalah tingkat kematangannya saat dipanen. Zaitun hijau dipanen lebih awal sehingga mereka mempertahankan mantel hijau khas mereka, sementara zaitun hitam dibiarkan di pohon untuk jangka waktu yang lebih lama.


Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut, Begini Cara Memaksimalkannya!


Lemak Minyak Zaitun

Fakta minyak zaitun yang terakhir adalah lemak yang terkandung di minyak zaitun tidak jahat, justru minyak zaitun mengandung 77 persen lemak baik yang bagus untuk kesehatan.


Minyak Zaitun Berkualitas Rendah

Setelah kamu tahu fakta minyak zaitun, bukan berarti kamu bisa asal pilih minyak zaitun yang akan digunakan ya.


Meski bahan kimia yang digunakan pada minyak zaitun tidak berbahaya, namun bukan berarti kamu harus memilih minyak zaitun yang murahan dan berkualitas buruk. Selain rasanya yang berbeda, kandungan nutrisi pada minyak zaitun berkualitas rendah lebih sedikit, bahkan nyaris tidak ada.


Selain memiliki manfaat bagi tubuh, ternyata banyak fakta minyak zaitun yang menarik ya! Semoga artikel ini membantu kamu mengetahui minyak zaitun secara lebih luas lagi.


22 views0 comments

Recent Posts

See All