Search
  • Herborist Natural Care

3 Cara Menjaga Kelembapan Kulit


Begini cara menjaga kelembapan kulit.
Cara Menjaga Kelembapan Kulit.

Cara menjaga kelembapan kulit - Salah satu rahasia kulit sehat dan tampak cerah adalah dengan menjaga kelembapan kulit. Kondisi kulit yang terhidrasi dengan sempurna maka kulit akan tampak lebih awet muda dan glowing. Banyak manfaat penting apabila kulit terjaga kelembapannya seperti kulit lebih sehat hingga bahan skincare atau body care bisa menyerap lebih maksimal.


Cara menjaga kelembapan kulit yang benar juga bisa memengaruhi makeup yang digunakan sehingga lebih menempel dan tahan lama. Selain itu, kulit dengan kelembapan yang terjaga akan lebih kenyal dan glowing sehingga kulit akan tampak lebih muda.


Sehingga menjaga kelembapan kulit sangat penting. Namun, banyak faktor yang menyebabkan kulit kehilangan kelembapannya. Bisa terjadi karena bertambahnya usia sehingga fungsi kelenjar tak lagi menghasilkan lipid alami yang cukup. Kelembapan kulit hilang atau kulit kering juga bisa karena faktor lainnya seperti:


Gaya Hidup

Rutin mengonsumsi alkohol, kurang tidur, merokok, terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa membuat asupan cairan tubuh tidak tercukupi. Ketika kebutuhan air di kulit tidak terpenuhi, maka sel kulit akan mengalami dehidrasi. Kulit yang dehidrasi akan menampilkan kulit yang kering, tampak kusam, terlihat lebih tua dan mudah meradang.


Baca juga: Hati-hati, Ini 6 Ciri Skin Barrier Rusak


Skin Barrier Rusak

Rusaknya skin barrier atau lapisan terluar menyebabkan kulit menjadi kering dan hilangnya kelembapan alami. Saat skin barrier rusak, maka kemampuannya untuk menjaga kandungan air menjadi tak optimal sehingga kandungan air di dalam kulit dapat dengan mudah menguap ke udara.

Skin barrier rusak bisa disebabkan karena paparan sinar matahari atau salah penggunaan produk perawatan yang menyebabkan iritasi dan melakukan eksfoliasi terlalu sering.


Genetik

Hilangnya kelembapan kulit atau kulit menjadi kering bisa karena faktor genetik dimana ada kondisi medis yang menyebabkan seseorang memiliki kulit kering, bersisik, dan kemerahan seperti dermatitis atopik dan eksim. Penderita diabetes, adanya gangguan ginjal serta kekurangan gizi juga menyebabkan kulit kehilangan kelembapan alaminya.


Mengonsumsi Obat-obatan

Untuk kamu yang rutin mengonsumsi obat-obatan tertentu bisa menyebabkan kulit kering. Contohnya diuretik, obat penurun kolesterol dan obat-obatan kemoterapi.


Cara Menjaga Kelembapan Kulit

Menjadi salah satu ciri kulit sehat, kamu harus tetap menjaga kelembapan kulit. Ini cara menjaga kelembapan kulit agar tidak mudah memiliki permasalahan kulit:


Bagaimana cara menjaga kelembapan kulit.
Cara Menjaga Kelembapan Kulit.

Mandi

Mandi memang perawatan tubuh yang pasti dilakukan agar kulit bersih dari kotoran dan bakteri. Namun mandi bisa menjadi penyebab kulit kering jika terlalu lama durasi mandinya, juga terlalu sering menggunakan air panas.


Sebagai salah satu cara menjaga kelembapan kulit, usahakan mandi tidak lebih dari 10 menit. Dan menggunakan sabun sesuai jenis kulit yang memang memiliki konsentrasi melembapkan. Pilihlah sabun mandi dengan tekstur cair karena memiliki konsentrat pelembap yang lebih banyak dari sabun mandi batang.


Cara menjaga kelembapan kulit wajah, kamu bisa mencuci muka dengan sabun yang juga memiliki kandungan melembapkan seperti minyak zaitun atau aloe vera. Kedua kandungan ini dikenal memiliki kemampuan akan melembapkan yang tinggi.


Saat mencuci muka jangan menggosoknya terlalu keras, kamu bisa memijatnya secara perlahan dan bilas hingga bersih.


Eksfoliasi

Penumpukan sel kulit mati bisa menjadi penyebab kulit kering dan tampak lebih kusam. Kulit memang bisa meregenerasi secara alami setiap 28 hari, namun karena beberapa faktor terkadang regenerasi tidak berjalan dengan maksimal dan meninggalkan sel kulit mati.


Baca juga: Bisa Mencerahkan Kulit, Ini Cara Eksfoliasi Kulit yang Benar


Eksfoliasi atau merontokan sel kulit mati bisa membantu kulit mendapatkan kembali kelembapannya. Pada tubuh, kamu bisa mengeksfoliasi menggunakan lulur yang digunakan secara rutin. Untuk kulit wajah, kamu bisa menggunakan minyak zaitun untuk dijadikan face oil yang bisa melunakan sel kulit mati sehingga lebih mudah dirontokan. Jadi, cara menjaga kelembapan kulit wajah yang berikutnya adalah dengan rutin melakukan eksfoliasi.


Pelembap

Bukan hanya kulit wajah yang membutuhkan pelembap, tapi kulit bagian lainnya juga membutuhkan pelembap untuk membantu menjaga kelembapan pada kulit. Cara menjaga kelembapan kulit wajah yang beirkutnya adalah kamu bisa mengoleskan aloe vera gel sebagai pelembap harian, dan untuk menjaga kelembapan kulit bagian lainnya kamu bisa menggunakan body lotion.


Body lotion memang kerap diandalkan untuk menjaga kelembapan kulit, selain melembapkan body lotion juga bisa menjaga kulit akan paparan sinar UV dan radikal bebas.


Mana cara menjaga kelembapan kulit mana yang sudah kamu lakukan?

2 views0 comments