Search
  • Herborist Natural Care

Begini Cara Mengatasi Kulit Kaki Pecah-pecah, Gampang Banget!


Bagaimana cara mengatasi kulit kaki pecah-pecah?
Cara Mengatasi Kulit Kaki Pecah-pecah.

Cara mengatasi kulit kaki pecah-pecah - Memiliki kulit kaki pecah-pecah tentu tidak nyaman, kulit kasar bahkan bisa menimbulkan keluarnya darah.


Kulit kaki pecah-pecah adalah suatu kondisi kulit yang bersisik dan kering di area tumit dan telapak kaki. Dalam beberapa kasus kondisi kulit kaki pecah-pecah ini bisa disertai dengan rasa gatal, nyeri, kemerahan, bahkan bengkak. Kondisi terparah adalah adanya infeksi yang menyebabkan tumit bernanah.


Penyebabnya bermacam-macam, tapi kebanyakan memang dipicu oleh kulit kering. Kulit kaki memang rentan kering karena bagian tubuh ini memiliki sedikit kelenjar keringat. Ditambah lagi dengan aktivitas berdiri atau berjalan yang membuat telapak kaki bergesekan dengan alas kaki sehingga mengeras dan kehilangan elastisitasnya.


Kondisi kulit kaki pecah-pecah disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

  1. Iritasi sabun mandi

  2. Faktor umur

  3. Memiliki penyakit palmoplantar keratoderma, yakni penebalan kulit

  4. Kekurangan cairan

  5. Menggosok area kaki terlalu kencang

  6. Kaki terendam air hangat cukup lama

  7. Menggunakan sepatu yang tidak pas dengan ukuran kaki

  8. Sering berjalan tanpa alas kaki


Jika sudah terlanjur memiliki kulit kaki pecah-pecah, ada beberapa cara mengatasi kulit kaki pecah-pecah:


Pakai Pelembap

Salah satu cara mengatasi kulit kaki pecah-pecah adalah menggunakan pelembap yang mengandung emolien dan humektan. Kedua zat ini merupakan bahan aktif yang mampu meningkatkan kinerja pelembap agar meresap ke kulit secara maksimal dan meningkatkan kapasitas air di lapisan kulit paling luar serta menjaganya agar tidak menguap sehingga kelembapan terjaga pada area ini.


Baca juga: Selain Melembapkan, Ini Manfaat Aloe Vera Gel yang Perlu Kamu Tahu!


Asupan Nutrisi

Kulit kaki pecah-pecah juga bisa karena kamu kekurangan nutrisi, sehingga penting menjaga pola makan dan minum air putih yang cukup.


Untuk membantu meningkatkan kelembapan kulit, kamu bisa makan dengan kandungan nutrisi yang baik serta minum air putih 8 gelas dalam sehari.



Bagaimana mengatasi kulit kaki pecah-pecah?
Cara Mengatasi Kulit Kaki Pecah-pecah.

Menggosok Kulit Kaki Pecah-pecah dengan Batu Apung

Cara mengatasi kulit kaki pecah berikutnya, kamu bisa menggosokan batu apung pada tumit kaki atau telapak kaki yang terasa kering dan pecah. Pastikan menggosoknya secara perlahan dan mengoleskan minyak zaitun ataupun minyak kelapa terlebih dahulu untuk mengurangi risiko iritasi.

Sabun

Kamu bisa menggunakan sabun mandi yang lembut dan memiliki kemampuan untuk melembapkan kulit. Pilihlah sabun dengan kandungan minyak zaitun atau lidah buaya, keduanya merupakan bahan alami yang dikenal akan kemampuannya untuk melembapkan kulit.


Hindari Berdiri Terlalu Lama

Kondisi kulit kaki pecah-pecah bisa dikurangi dengan intensitas kamu berdiri, kurangi aktivitas yang menjadikan tumit sebagai tumpuan.


Alas Kaki

Mengatasi kulit kaki pecah-pecah, kamu harus memperhatikan alas kaki yang kamu gunakan. Pilihlah alas kaki yang memiliki bahan lembut serta tidak terlalu sempit. Pastikan alas kaki yang kamu gunakan tidak dalam keadaan lembap ataupun basah.


Masker Kaki

Kamu bisa rutin menggunakan masker kaki, hal ini memberikan kelembapan serta nutrisi lebih pada kulit kaki pecah-pecah yang tak sehat. Caranya mudah, oleskan minyak zaitun ataupun minyak kelapa pada kaki setiap malam secara rutin.


Minyak zaitun memiliki kandungan dan nutrisi yang baik untuk kulit seperti kalsium, kalium, natrium, vitamin E, vitamin K. Minyak Zaitun Herborist mampu memberikan kelembapan pada kulit kaki yang pecah-pecah dan juga mengandung vitamin E yang mampu menghaluskan kulit dan menenangkan otot-otot area kaki.


Begini Cara Mengatasi Kulit Kaki Pecah-pecah.
Cara Mengatasi Kulit Kaki Pecah-pecah.

Minyak Zaitun Herborist juga kaya akan antioksidan yang bisa menjaga elastisitas kulit sehingga kulit kaki pecah-pecah bisa diatasi dan kulit kembali menjadi sehat.


Baca juga: Manfaat dan Harga Minyak Zaitun Herborist


Sedangkan minyak kelapa mengandung 47 persen asam laurat yang bisa meningkatkan metabolisme serta mengandung sifat antibakteri dan antivirus sehingga kondisi kulit kaki pecah-pecah tidak semakin parah. Minyak kelapa juga memiliki kadar kelembapannya yang tinggi, sehingga bisa mengurangi kulit kaki pecah-pecah.


Namun, orang yang menderita masalah kesehatan tertentu kurang disarankan melakukan perawatan sebagai salah satu cara mengatasi kulit kaki pecah-pecah seperti di atas. Ada baiknya tetap berkonsultasi ke dokter.


4 views0 comments

Recent Posts

See All